Dialog Kebangsaan GMPK Karanganyar Dorong Peran Pemuda Sukseskan Karanganyar Live Centre of Nusantara 2030

Dialog Kebangsaan GMPK Karanganyar Dorong Peran Pemuda Sukseskan Karanganyar Live Centre of Nusantara 2030

SUARA PAREPARE - Gerakan Mahasiswa Pelajar Kebangsaan (GMPK) DPC Kabupaten melaksanakan Dialog Kebangsaan, di Rumah Dinas Wakil Bupati Karanganyar, Bapak H. Rober Christanto, Senin, (18/9/2023).


Dialog bertajuk "NGOPENI" yakni Ngobrol Pemuda Milenial dengan tema "Menelisik Peran Milenial Dalam Membaca Konsep Pariwisata Karanganyar Tahun 2030".


Koordinator Umum GMPK Kabupaten Karanganyar menyampaikan bahwa ada 3 (tiga) instrumen penting yang hari ini menjadi perhatian kalangan pemuda khususnya pelajar dan mahasiswa diantaranya sektor lingkungan hidup, pertanian, dan pariwisata.


"Sektor Pariwisata akan sangat berpengaruh terhadap proses pendapatan Nasional, yang telah menyumbang 3,6 persen dari total PDB Indonesia. Disamping mampu memikat mata para turis asing untuk berdatangan di Indonesia sebanyak 4,58 juta di tahun 2022, di tahun tersebut telah tercipta tiga juta lapangan pekerjaan bagi 22,89 juta masyarakat," tegas Aditya Putra Dermawan.


Ada 3 Narasumber yang hadir mengisi Dialog Kebangsaan, yaitu Wakil Bupati Karanganyar, H. Rober Christanto, Akademisi UNISRI Surakarta, Farco Siswiyanto Raharjo dan Panji Putra mewakili Tokoh Muda di Kabupaten Karanganyar.


Kemampuan adaptasi dan fleksibilitas juga mempengaruhi proses pembangunan di dalam mayarakat itu sendiri.


Maka dari sini pemuda memiliki peranan untuk meningkatkan mutu suatu masyarakat berawal dari lingkungannya, tak terkecuali seperti sektor ekonomi dan pariwisata. 


Dari situ dengan rasa tanggung jawab moral serta rasa kepedulian tersebut menjadi modal utama pemuda untuk meningkatan mutu tersebut dengan cara ikut andil dalam berkolaborasi bersama berbagai elemen untuk kemajuan suatu daerah.


Dialog Kebangsaan Pemuda Milenial Karanganyar ini sendiri di hadiri langsung oleh Ketua DPD GMPK Jawa Tengah dan beberapa elemen pemuda, seperti Putra Putri Lawu, FORMAKA (Forum Mahasiswa Karanganyar), IMAKA (Ikatan Mahasiswa Karanganyar) yang tersebar di mayoritas kampus Negeri dan Swasta serta organisasi pemuda seperti IPNU dan IPPNU Kabupaten Karanganyar.


Diakhir sesi Aditya Putra Dermawan tak lupa menyampaikan terimakasihh kepada Wakil Bupati Karanganyar yang telah merespon baik dan memberikan ruang kepada pemuda.


"Terimakasih kita sampaikan kepada bapak H. Rober Cristanto yang menegaskan memayu Hayuning Bawono (membuat dunia menjadi indah) mewujudkan Karanganyar Life Centre of Nusantara ialah tugas segala komponen di Kabupaten kita tercinta ini untuk mewujudkan perubahan dan menjadikannya patron bagi Daerah-daerah lainnya," terangnya.


(***)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi SUARAPAREPARE.COM menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuaraparepare@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027