Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pembinaan Karakter

Ilustrasi Pendidikan Karakter 

SUARA PAREPARE
- Saat ini banyak sekali generasi muda yang mulai abai dengan tanah air dan banyak generasi muda yang lebih bangga dengan hal-hal yang berasal dari negara lain dibandingkan dengan NKRI. 

Tentu hal itu akan sangat memperburuk keadaan jika dibiarkan berkelanjutan dan sifat-sifat westernisasi dapat merusak anak bangsa sebagai agent of change karena masih banyak generasi muda yang belum bisa memfilter mana yang baik untuk ditiru dan mana yang tidak seharusnya ditiru.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dan berkelanjutan maka pentingnya untuk menanam rasa cinta tanah air kepada generasi muda, salah satunya melalui Pendidikan Kewarganegaraan. 

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran umum yang selalu dipelajari di semua jenjang pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar hingga ke Perguruan Tinggi. 

Pendidikan Kewarganegaraan memiliki hubungan yang erat dengan pembentukan karakter seseorang. Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan membentuk karakter anak bangsa yang memiliki sifat nasionalisme, patriotisme, dan berbudi luhur. 

Pendidikan kewarganegaraan sangat penting, karena Pendidikan Kewarganegaraan akan membawa individu untuk memahami nilai-nilai, aturan dan norma-norma yang ada di masyarakat dan negara. 

Dengan Pendidikan Kewarganegaraan dimaksudkan agar para generasi muda dapat menjadi pribadi yang berbudi luhur, bertanggung jawab, bermoral dan menjadi warga negara yang baik. 

Pendidikan Kewarganegaraan ini penting bagi generasi muda sebagai agent of change. Generasi muda menjadi agent of change yang dapat mendorong perubahan pendidikan, sosial, budaya, dan ekonomi secara berkelanjutan serta menjadi pribadi yang mempunyai toleransi tinggi dengan memahami budaya, adat, bahasa indonesia.

Pendidikan Kewarganegaraan diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan jiwa nasionalisme peserta didik yang dapat membuat peserta didik bangga dan cinta tanah air serta rela berkorban demi nusa dan bangsa. 

Mengingat Pendidikan Kewarganegaraan penting untuk generasi muda maka Pendidikan Kewarganegaraan juga perlu untuk beradaptasi dengan teknologi saat ini.

Generasi muda saat ini adalah generasi yang selalu berdampingan dengan teknologi, dan sangat diperlukan Pendidikan kewarganegaraan untuk beradaptasi dengan teknologi agar mempermudah Pendidikan Kewarganegaraan untuk diterima oleh generasi muda.

Pendidikan Kewarganegaraan dapat merangsang kemampuan berpikir analitis, kritis, kreatif, reflektif, dan evaluatif peserta didik serta merangsang sifat simpati, empati, dan adaptif. 

Serta mengurangi sifat apatis, hedonis, sombong, egois, dan lain-lain. Maka dari itu, Pendidikan Kewarganegaraan sangat diperlukan untuk membentuk karakter anak bangsa yang baik dan dapat merangsang kemampuan berpikir kritis generasi muda.

Pendidikan Kewarganegaraan juga diharapkan dapat mengurangi sifat generasi muda yang apatis, hedonis, sombong, dan egois.


Penulis: Hilwa Aufa Rafiqi

*Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta


Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi SUARAPAREPARE.COM menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuaraparepare@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027