Bahaya, Jangan Lagi Makan dengan Tiduran

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2023.

nyeri-perut-saat-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com– Kita tentu sudah sering mendengar larangan makan sambil tiduran. Biasanya, larangan ini dikeluarkan oleh orang tua kita karena dianggap bisa mengganggu kinerja pencernaan. Hanya saja, kita masih menyepelekannya dan tetap saja melakukannya, apalagi jika kita sedang menonton acara televisi atau sedang beristirahat di rumah. Sebenarnya, seperti apa sih dampak dari kebiasaan makan sambil tiduran?

Berdasarkan sebuah penelitian, dihasilkan fakta bahwa kebiasaan makan sambil tiduran bisa menyebabkan kenaikan asam lambung dengan signifikan. Jika sampai hal ini terjadi, maka kita akan mengalami sensasi terbakar dan tidak nyaman pada dada dan perut. Selain itu, terkadang kondisi ini juga bisa menyebabkan rasa asam di dalam mulut. Bahkan, dalam banyak kasus, makan sambil tiduran bisa menyebabkan tersedak. Meski terlihat sebagai hal yang sepele, dalam realitanya tersedak bisa saja memicu kematian karena kita tidak bisa lagi bernapas dengan lancar.

Mengapa efek buruk ini bisa muncul? Hal ini disebabkan oleh adanya klep di dalam kerongkongan kita yang mengendalikan laju makanan yang kita konsumsi. Kinerja dari klep ini ternyata sangat bergantung pada gravitasi. Jika kita makan sambil tiduran, maka gaya gravitasi bumi akan berbeda jika dibandingkan dengan saat kita duduk. Hal ini akan membuat klep menjadi lebih longgar sehingga asam lambung di dalam perut berpotensi mengalir ke bagian atas kerongkongan.

Tak hanya memicu gejala nyeri atau terbakar pada dada, kenaikan asam lambung ini juga bisa menyebabkan terkikisnya dinding bagian dalam tenggorokan. Tanpa kita sadari, asam lambung bersifat korosif sehingga bisa membahayakan organ pencernaan. Jika sampai hal ini terjadi, dinding kerongkongan bisa mengalami luka yang tentu menyebabkan rasa nyeri atau bahkan gangguan menelan makanan. Bahkan, asam lambung juga bisa mencapai saluran pernapasan dan organ-organ lainnya. Jika hal ini dibiarkan, dikhawatirkan akan menyebabkan efek yang jauh lebih fatal.

Kebiasaan makan sambil tiduran juga akan membuat perut menjadi begah dan akhirnya membuat makanan tak kunjung bergerak ke dalam lambung. Kondisi ini bisa menyebabkan stres pada organ pencernaan dan akhirnya berlanjut pada gangguan pencernaan bagian bawah.

Melihat ada banyak sekali efek buruk dari kebiasaan makan dengan tiduran, ada baiknya kita tak lagi melakukannya.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi SUARAPAREPARE.COM menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuaraparepare@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027