Kacang Bisa Cegah Diabetes?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2023.

doktersehat-kacang-tanah

DokterSehat.Com– Jika tidak ingin terkena diabetes, kita harus pandai-pandai mengatur pola makan dengan lebih sehat. Tak hanya makanan berat, kita juga harus benar-benar memperhatikan camilan yang kita konsumsi. Sebagai contoh, jika kita sering mengonsumsi camilan manis dan kaya kalori setiap hari, maka risiko untuk terkena penyakit mematikan ini tentu akan meningkat dengan signifikan.

Lantas, apakah ada camilan yang baik bagi kesehatan dan mampu mencegah datangnya diabetes? Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Toronto University dan St. Michael Hospital, Kanada, dihasilkan fakta bahwa kacang bisa dijadikan camilan sehat karena memiliki kemampuan menurunkan kadar gula di dalam tubuh dengan signifikan. Manfaat ini bisa didapatkan jika kita mengonsumsi sekitar setengah cangkir setiap hari.

Dalam penelitian ini, dihasilkan fakta bahwa kacang berjenis almond, hazelnut, pistachio, walnut, kacang mete, dan kacang tanah bisa menurunkan kadar gula dalam darah dengan signifikan. Mengonsumsi kacang-kacangan dengan rasa yang lezat ini juga bisa membuat kadar lemak dalam gula darah meningkat.

Fakta ini terungkap setelah para peneliti mengecek kondisi kesehatan dari 177 orang dewasa yang sedang dirawat dengan menggunakan obat hipoglikemik. Para partisipan dengan usia rata-rata 62 tahun ini dibagi menjadi tiga kelompok. Masing-masing kelompok diminta untuk menerapkan tiga jenis diet yang berbeda. Kelompok pertama diminta untuk mengonsumsi setengah cangkir kacang dan suplemen setiap hari, kelompok kedua diminta untuk mengonsumsi seperempat cangkir kacang dan setengah porsi muffin dari gandum utuh setiap hari, dan kelompok terakhir diminta untuk hanya makan satu porsi muffin gandum utuh setiap hari. Seluruh partisipan mengonsumsi makanan berat dengan kadar kalori yang sama.

Hasil dari penelitian ini adalah, mereka yang mengonsumsi kacang-kacangan cenderung memiliki kadar lemak tak jenuh lebih banyak namun kadar gula darah yang jauh lebih seimbang. Para peneliti pun yakin jika kebiasaan mengonsumsi kacang-kacangan efektif untuk mencegah datangnya diabetes.

“Meskipun begitu, bukan berarti kita bisa makan kacang sebanyak-banyaknya. Konsumsilah sekitar setengah cangkir saja setiap hari demi mendapatkan manfaatnya,” ucap salah satu peneliti, Dr. David Jenkins.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi SUARAPAREPARE.COM menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuaraparepare@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027