Dewan Dari Gerindra, KRT Darori Hadiri Peresmian Tambak BUBK Terbesar di Indonesia


KABUPATEN KEBUMEN -
-
Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Ir. KRT H. Darori Wonodipuro, M.M, IPU menghadiri peresmian Tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) di Kebumen, Kamis, 9 Maret 2023

Presiden RI Bapak Jokowi Widodo, didampingi sejumlah Menteri diantaranya Menteri Pertahanan RI Bapak Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, kemudian Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono,  Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.

Terlaksananya program Shrimp Estate  berkat usulan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan mendapat dukungan penuh dari para Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi Kelautan dan Perikanan, yang langsung turun ke lokasi Tambak Udang sebanyak 20 orang. Anggota yang di dalamnya adalah Ir. KRT H. Darori Wonodipuro, M.M, IPU yang kebetulan Putra Petanahan Kebumen asli wakil rakyat dari Partai Gerindra.

Dalam keterangannya, Legislator Gerindra ini menyampaikan bahwa tambak modern yang berlokasi  di Desa Tegalretno  Kecamatan Petanahan, itu akan menjadi tambak terbesar se Indonesia.

Darori juga menyampaikan pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa tambak modern seluas 60 hektar ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 175 miliar. 

“Presiden Jokowi berharap dalam luasan 1 hektar lahan ini menghasilkan lebih dari 40 ton. "Sudah diselesaikan kurang lebih 60 hektar, satu hektarnya kita harapkan dapat menghasilkan diatas 40 ton per tahun," kata Darori menyampaikan pesan Presiden Jokowi.

Selanjutnya kata Darori bahwa Presiden Jokowi memuji keberadaan BUBK di Kebumen Lantaran menjadi tambak udang vaname terbesar pertama di Indonesia sehingga layak menjadi percontohan bagi wilayah lain. 

Terkait BUBK yang menelan anggaran begitu besar, Jokowi pun optimis hasilnya sepadan. Dari Rp 175 miliar modal yang dikeluarkan, Presiden menargetkan akan balik modal dalam 4 kali panen.

"Ini bisa dicopy untuk provinsi dan kabupaten lain, sehingga manajemen modern yang kita lihat ini bisa untuk diterapkan di daerah lain. Dan diharapkan ini menjadi contoh yang baik untuk budidaya udang vaname dengan kebersihan air dan manajemen yang detail, " pesan Jokowi

Sementara itu, terkait pemilihan Kabupaten Kebumen sebagai lokasi proyek percontohan presiden menyebut, Kebumen memiliki air yang cocok sebagai lingkungan hidup udang vaname, serta didukung oleh masyarakat termasuk pemerintah provinsi dan daerah.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi SUARAPAREPARE.COM menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuaraparepare@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027