Tips Makan Daging Bagi Penderita Diabetes

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2023.

Pilh-olah-daging-bebas-lemak-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ DrHobo

DokterSehat.Com– Penderita diabetes memang tidak bisa mengonsumsi makanan dengan sembarangan. Sebagai contoh, mereka harus menurunkan asupan makanan berkalori tinggi dan makanan manis. Hanya saja, apakah mereka masih diperbolehkan untuk mengonsumsi daging-dagingan?

Pakar kesehatan menyebut daging merah sebagai bahan makanan yang sebaiknya dikurangi karena bisa memberikan efek buruk bagi organ jantung dan pembuluh darah jika terlalu sering untuk dikonsumsi. Hanya saja, khusus untuk penderita diabetes, mereka justru sangat disarankan untuk mengonsumsi protein. Hal ini berarti, mereka masih perlu mengonsumsi daging merah meskipun tentu saja porsinya harus dibatasi dan daging ini sudah tidak lagi memiliki kandungan lemak.

Berdasarkan penelitian yang melibatkan 27.425 pria dan 36.424 perempuan dengan usia 45 hingga 75 tahun di Jepang, disebutkan bahwa konsumsi daging merah pada pria memiliki kaitan erat dengan peningkatan risiko diabetes. Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul American Journal of Clinical Nutrition ini, disebutkan pula bahwa kebiasaan mengonsumsi daging merah dan daging olahan bisa membuat kita mengonsumsi natrium dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga bisa membahayakan kesehatan.

Lantas, bagaimana cara penderita diabetes tetap bisa aman mengonsumsi daging? Pakar kesehatan Lu Qi dari Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ada pedoman yang jelas tentang seberapa banyak jumlah daging yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena alasan inilah, Lu Qi menyarankan penderita diabetes untuk menurunkan asupan daging merah dan menggantinya dengan daging putih seperti daging ayam atau unggas lainnya, dan ikan atau berbagai jenis makanan laut lainnya.

Pakar kesehatan Meredith Nguyen, RD menyarankan penderita diabetes untuk membatasi asupan daging merah sebanyak 18 ons saja selama seminggu. Jumlah ini sama dengan empat atau lima porsi saja dalam sepekan. Selain itu, penderita diabetes juga harus memastikan bahwa daging ini bebas lemak atau setidaknya memiliki kadar lemak yang sangat rendah.

“Daging steak sebenarnya tidak akan menaikkan kadar gula darah, namun kandungan kalori tambahan dari daging bisa memicu masalah berat badan yang akhirnya membuat diabetes lebih sulit untuk dikendalikan. Karena alasan inilah konsumsinya harus dibatasi,” ungkap Ann Walker, RD dari University of Kansas Medical Center.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi SUARAPAREPARE.COM menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuaraparepare@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027