8 Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Ilustrasi Demam Anak

SUARA PAREPARE
- Jangan panik apabila anak mengalami demam, pastikan anda sebagai orang tua tetap tenang dan mengambil keputusan yang tepat.

Demam pada anak merupakan kondisi yang sering membuat orang tua khawatir. 

Dikutip dari situs Pafi Yapen, demam kadangkala adalah respons alami tubuh untuk melawan infeksi, penting untuk mengetahui cara yang tepat untuk mengatasinya agar anak merasa nyaman dan proses penyembuhan berjalan dengan baik. 

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi demam pada anak.

1. Pantau Suhu Tubuh

Mengukur suhu tubuh anak secara teratur sangat penting. Suhu tubuh normal anak berkisar antara 36-37°C. Jika suhu tubuh anak mencapai 38°C atau lebih, ini menandakan adanya demam. Gunakan termometer yang akurat, seperti termometer digital, untuk mendapatkan hasil yang tepat.

Baca Juga: Etika Farmasi Menjaga Data Pasien

2. Pastikan Anak Tetap Terhidrasi

Ketika demam, anak bisa kehilangan cairan tubuh lebih cepat melalui keringat. Berikan banyak cairan seperti air, jus buah, atau sup untuk mencegah dehidrasi. ASI atau susu formula juga penting untuk bayi yang masih menyusui.

3. Berikan Pakaian yang Nyaman

Pakaian yang terlalu tebal bisa meningkatkan suhu tubuh anak. Kenakan pakaian yang ringan dan nyaman, serta pastikan anak berada di ruangan yang tidak terlalu panas atau dingin.

4. Kompres dengan Air Hangat

Kompres air hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh anak. Hindari menggunakan air dingin atau es karena ini bisa menyebabkan anak menggigil dan justru meningkatkan suhu tubuh.

5. Gunakan Obat Penurun Demam

Jika suhu tubuh anak sangat tinggi atau anak merasa sangat tidak nyaman, Anda bisa memberikan obat penurun demam seperti paracetamol atau ibuprofen sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Selalu baca petunjuk penggunaan dan konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan obat kepada anak.

Baca Juga: Peran PAFI Sebagai Organisasi Ahli Farmasi

6. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk proses penyembuhan. Pastikan anak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan hindari aktivitas yang berlebihan.

7. Perhatikan Tanda-tanda Peringatan

Meskipun demam sering kali tidak berbahaya, ada beberapa tanda yang memerlukan perhatian medis segera, seperti:

  • Demam yang sangat tinggi (lebih dari 40°C)
  • Demam yang berlangsung lebih dari 3 hari
  • Anak sulit bangun atau sangat mengantuk
  • Sesak napas atau napas cepat
  • Leher kaku atau muncul ruam kulit yang tidak biasa

8. Konsultasikan dengan Dokter

Jika Anda merasa khawatir atau tidak yakin bagaimana menangani demam anak, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat memberikan diagnosis yang tepat dan penanganan yang sesuai.

Kesimpulan

Demam pada anak adalah kondisi umum yang sering kali tidak berbahaya, namun membutuhkan perhatian dan perawatan yang tepat. Dengan memantau suhu tubuh, menjaga hidrasi, memberikan pakaian yang nyaman, dan menggunakan obat penurun demam jika diperlukan, Anda dapat membantu anak merasa lebih baik. Tetap waspada terhadap tanda-tanda peringatan dan jangan ragu untuk menghubungi dokter jika diperlukan.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi SUARAPAREPARE.COM menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuaraparepare@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027