Profil Abdul Rivai Ras, Kandidat Calon Pj Gubernur Sulsel dengan Segudang Pengalaman

MAKASSAR - Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan segera berakhir pada September mendatang, berbagai nama muncul untuk mengisi posisi sebagai PJ Gubernur.

Salah satu kandidat potensial yang ramai diperbincangkan adalah Laksamana TNI Abdul Rivai Ras.

Terbaru, perwira tinggi TNI AL sejak 26 Juni 2023 mengemban amanat sebagai Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Kemenko Polhukam.

Abrul Rivai Ras tidak hanya aktif di dunia kemiliteran melainkan juga dikenal sebagai akademisi dan pengusaha.

Tidak jarang menemui sosok sepertinya, pria kelahiran Bone pada 24 September 1967 tersebut juga merupakan salah satu pendiri Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan).

Dirinya dikenal sebagai Kepala Program Studi Keamanan Maritim dan Dosen tetap di Universitas Pertahanan.

Selain itu, Bro Rivai sapaan akrabnya juga menjadi dosen tidak tetap pada Pascasarjana Kajian Strategik Ketahanan Nasional di Universitas Indonesia Universitas sejak tahun 2013.

Jenjang pendidikan kampus awalnya ditempuh di Universitas Hasanuddin pada Tahun 1992.

Setelah Itu, Jenjang pascasarjana ditempuh di 3 Jurusan yang berbeda yakni di Universitas Veteran pada Tahun 2000, Magister Kajian Strategik Ketahanan Nasional dan Jurusan Ilmu Politik, Hubungan Internasional masing masing ditempuh di Universitas Indonesia pada tahun 2001 dan 2003.

Tidak sampai disitu, Abdul Rivai juga menyelesaikan program Doktoral di Universitas Indonesia jurusan Ilmu Politik pada Tahun 2010.

Dirinya juga beberapa kali mengikuti kegiatan pendidikan di Luar Negeri diantaranya Amerika dan German

Abdul Rivai juga sempat dipercaya sebagai Subdit Bilateral, Ka. Amerika dan Pasifik Direktorat Kerjasama Internasional, Ditjen Strahan Kemhan 2011-2013. Staf Khusus Sekretaris Militer Presiden, Sekmilpres dan Kasbag. Pengamanan Khusus Sekmilpres, Sekneg RI 2008-2011. (*)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi SUARAPAREPARE.COM menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuaraparepare@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027