Putih Telur Bisa Obati Hipertensi?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2023.

Metode-sehat-masak-telur-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Trevor King

DokterSehat.Com– Telur sudah dianggap sebagai salah satu bahan makanan yang harus tersedia di dapur kita. Jika kita kehabisan lauk, telur juga bisa menjadi solusi nikmat dan cepat untuk dikonsumsi. Hanya saja, masih banyak orang yang menganggapnya kurang baik jika dikonsumsi setiap hari. Padahal, menurut pakar kesehatan, mengonsumsi putih telur bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan signifikan.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh dr. Zhipeng Yu dari Jilin University, Tiongkok, disebutkan bahwa kandungan di dalam putih telur bernama RVPSL ternyata memang bisa menyehatkan pembuluh darah. Sejenis peptida ini mampu mencegah aksi dari ACE, sejenis zat yang diproduksi oleh tubuh kita yang bisa membuat tekanan darah naik. Dalam percobaan yang masih dilakukan dengan tikus percobaan ini, disebutkan bahwa kandungan RVPSL aman untuk dikonsumsi dan tidak akan memberikan efek beracun bagi tubuh.

“Hasil dari penelitian laboratorium menghasilkan fakta bahwa kandungan di dalam putih telur, yakni sejenis peptida mampu menurunkan tekanan darah dengan efek yang sama seperti obat penurun tekanan darah dosis rendah sejenis captopril,” ungkap dr. Yu.

Dr. Yu pun yakin jika kandungan peptida baik itu yang ada dalam putih telur atau yang ada di dalam suplemen bisa membantu penurunan tekanan darah dengan signifikan.

Penelitian lain yang dilakukan di Kanada, tepatnya di University of Alberta pada 2009 juga menyebutkan bahwa jika kita makan telur, maka kandungan di dalamnya akan tercampur dengan enzim perut dan akhirnya akan menghasilkan semacam protein yang mampu menurunkan tekanan darah dengan signifikan. Penelitian lain yang dilakukan di University of Missouri, Amerika Serikat juga menghasilkan fakta bahwa rutin mengonsumsi sarapan dengan telur bisa membantu kita mengendalikan nafsu makan dengan efektif, khususnya dalam hal mencegah konsumsi camilan tidak sehat dan akhirnya  berimbas pada kesehatan tekanan darah yang jauh lebih baik.

Melihat adanya fakta ini, jangan ragu lagi untuk rutin makan telur, apalagi bagian putih telurnya. Meski tak selezat bagian kuning, bagian ini bisa membantu mencegah hipertensi!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi SUARAPAREPARE.COM menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuaraparepare@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027