Inovasi Permen Antioksidan Tomakuma Di Desa Pucak Kabupaten Maros

Inovasi Permen Antioksidan Tomakuma Di Desa Pucak Kabupaten Maros

SUARA PAREPARE
- Tim Pengabdi  Rezki Amriati Syarif (Ketua) Faradiba., Selpida Handayani, dosen Fakultas Farmasi UMI https://farmasi.umi.ac.id/. Pendanaan pada kegiatan ini dari Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muslim Indonesia Makassar.

Pengabdian ini bertujuan untuk menambah pengetahuan masyarakat mengenai buah  tomat yang memiliki senyawa antioksidan dan pengolahan buah tomat menjadi TOMAKUMA (tomat kurma) yang dapat disimpan lebih praktis. Inovasi bentuk produk baru dari buah tomat. 

Selain itu memberikan pelatihan cara pengolahan tomat menjadi permen TOMAKUMA dengan rasa yang enak dan kemasan yang menarik jika dipasarkan sehingga memiliki nilai jual yang dapat dijadikan sumber pendapatan bagi masyarakat.

Tempat pengabdian Dosen Farmasi ini merupakan Desa Pucak Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros

Proses pembuatan permen antioksidan tomakuma meliputi :tahapan penyiapan bahan baku,berupa buah tomat, tomat yang telah dibersihkan, direndam air kapur 4-8 jam, Tomat ditiriskan dan dimasak dengan gula pasir dan air sedikit.

Kemudian, dimasak sampai airnya habis, kemudian didinginkan, Tomat Dibentuk seperti kurma dan disususn dinampan, dijemur sampai kering,Tomakuma dikemas dala kemasa menarik dan higienis.

Pada saat pelatihan dihadiri oleh kepala desa beserta perangkatnya dan kelompok tani, Masyarakat desa. 

Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan, dengan ikut berpartisipasi dalam proses pengolahan permen tomakuma.

(***)

Ikuti berita terbaru di Google News

Redaksi SUARAPAREPARE.COM menerima naskah opini dan rilis berita (citizen report).
Silahkan kirim ke email: redaksisuaraparepare@gmail.com atau Whatsapp +62856-9345-6027